Cerdas Ceria, Tumbuhkan Kembali Minat Baca Anak

Salam kenal dari Sidikalang! Sumber foto: dokumentasi Cerdas Ceria

Rumah Belajar Cerdas Ceria terletak di Desa Adinangka Kecamatan Siempat Nempu Kabupaten Dairi. Rumah belajar yang diresmikan pada November 2014 didirikan oleh Mensi Situmorang. Walaupun saat ini Mensi  sedang kuliah di Medan, tidak menyurutkan semangatnya untuk selalu datang ke taman baca setiap Senin sampai Kamis. Sedangkan Jumat sampai Sabtu digunakannya untuk kuliah.

Awal mula didirikan rumah belajar ini karena dari kegiatan belajar bersama yang dilakukan Mensi dengan beberapa anak di desanya. Dan akhirnya rumah belajar ini memiliki 50 anggota anak-anak dan lebih dikenal dengan sebutan taman baca. Rata-rata setiap hari Cerdas Ceria dikunjungi oleh 20 anak-anak untuk membaca dan belajar bersama.

Buku bacaan yang ada di taman baca ini bersumber dari Mensi dan hasil sumbangan dari beberapa teman-temannya. Sama halnya dengan dana yang dibutuhkan di taman baca pun hanya dari pribadi dan sumbangan teman-temannya.

Meraih cita-cita dalam kebersamaan. Sumber foto: dokumentasi Cerdas Ceria.

fb_img_1476013224323

Pemeriksaan kebersihan bersama relawan. Sumber foto: dokumentasi Cerdas Ceria

Anak-anak yang menjadi anggota Cerdas Ceria mulai dari usia 5 sampai 12 tahun. Hal ini sesuai dengan  tujuan Cerdas Ceria yang diperuntukkan bagi anak-anak sejak TK sampai SMP.  Menurutnya minat baca anak-anak di sana sangat tinggi. Untuk buku favorit, mereka menyukai jenis buku bergambar dan mewarnai.

Anak-anak sangat antusias membaca,” ujar dia.

Bahkan beberapa waktu lalu, Mensi baru saja membawa seratus buku dan telah habis dipinjam oleh anak-anak. “Bahkan tidak dikembalikan,” kata dia. Akibat kejadian ini, Mensi menerapkan peraturan anak-anak tidak diperbolehkan membawa pulang buku bacaan. Mereka membaca di taman baca saja secara bersama-sama.

Tak hanya membaca atau mewarnai, anak-anak juga disungguhkan untuk belajar bersama. Bahkan setiap minggunya biasa diisi dengan outbond bersama-sama.

 “Jadi kegiatan di sini sangat beragam,kata dia.

Untuk kegiatan belajar bersama, dilakukan setiap Senin sampai Kamis dari pukul 16.00 sampai 18.00 WIB untuk kelas III sampai VI SD. Sedangkan Senin sampai Rabu diperuntukkan bagi TK sampai kelas II SD.

Awalnya kegiatan belajar ini hanya diisi dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Namun karena permintaan dan antusias anak-anak, akhirnya  mata pelajaran yang diajarkan lebih beragam. “Sesuai kebutuhan anak-anak,” kata dia.

Editor: Odelia Sinaga

Yok bagikan!
Fevrina Leny Tampubolon
About Fevrina Leny Tampubolon 1 Article
Leni -biasa dipanggil demikian- punya passion yang tinggi terhadap pengembangan masyarakat. Alumnus IPB ini berpengalaman dalam pemberdayaan masyarakat di daerah terluar seperti Maluku Utara dan Papua. Sekarang berdomisili di Jakarta.

Be the first to comment

Bagaimana pendapatmu?